Apa Itu Ongkong-ongkong Dalam Latihan PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate)?

Sunday, March 4, 2018

Bagi siswa PSHT maupun Saudara/i warga pelatih dalam PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate) dipastikan tidak asing lagi dengan istilah ongkong-ongkong ini. Ongkong-ongkong adalah sebuah metode dalam pengemblengan siswa PSHT yang biasanya siswa akan ditendang atau dipukul yang sebelumnya dilakukan instruksi khusus oleh pelatih untuk mempersiapkan diri dalam menerima tendangan ataupun pukulan dari pelatihnya tersebut.

Ongkong-ongkong memiliki tujuan untuk menguji ketahanan siswa dalam latihan, untuk mengetes keberhasilan dan efektivitas dalam latihan mulai dari kaki, perut, punggung, dada, tangan, dan semua anggota badan. Sehingga dengan ongkong-ongkong ini, akan semakin memotivasi siswa PSHT untuk senantiasa serius dalam berlatih dalam mengolah fisiknya.


Dalam melakukan ongkong-ongkong pun, warga pelatih PSHT tidak menyamaratakan perlakukan tendangan maupun pukulan kepada setiap siswannya, akan tetapi akan dilakukan analisa dan pertimbangan yang mendalam apakah siswa tersebut kuat menerima tendangan atau belum, mungkin dengan tekanan yang lebih kuat atau lebih lemah menyesuaikan tingkat kekuatan dan ketahanan fisik dari masing-masing siswa. Hal ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, adapun yang terjadi sakit sesaat setelah dilakukan ongkong-ongkong, maka pelatih akan segera memberikan pertolongan dan pengobatan saat itu juga.

Ongkong-ongkong sejatinya tidak hanya melatih kekuatan fisik seorang siswa PSHT namun juga melatih kesiapan mental dalam menghadapi setiap kemungkinan yang sebenarnya tidak diinginkan sekaligus sebagai persiapan dalam mempertahankan diri dengan fisik yang kuat.

March 04, 2018

0 comments:

Post a Comment